Sabtu, 21 Mei 2016

Gula bisa jadi sahabat maupun musuh kecantikanmu, ini sebabnya!

Gula kerap dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Pemanis makanan dan minuman ini biasanya menjadi salah satu bahan campuran produk kecantikan. Gula bisa ditemui dalam produk wax. Selain itu, gula pasir yang memiliki butiran kasar biasanya dimanfaatkan untuk berbagai produk kecantikan buatan rumah.

Namun, gula juga dituding sebagai musuh utama kecantikan, terutama kulit. Konsumsi gula berlebihan bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon ini bisa berdampak pada kondisi kulit.

Berikut ini beberapa efek negatif dari konsumsi gula bagi kecantikan kulit, berikut cara-cara untuk menjadikannya sahabat kecantikan kita.


Efek negatif gula

Memperparah kantung mata

Konsumsi gula dalam jumlah besar setiap hari dapat meningkatkan inflamasi atau pembengkakan di area sekitar mata.

Memicu jerawat

Makanan dengan indeks glikemik tinggi juga bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya tingkat insulin ini akan memicu produksi sebum di pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

Menjadikan kulit kering 

Konsumsi gula berlebihan juga bisa membaut kulit jadi kering dan lebih cepat menua. Pasalnya, gula akan mengisap kelembapan dari dalam sel tubuh. Padahal kelembapan sangat diperlukan untuk menjaga elastisitas kulit.

Penuaan dini

Gula akan menyerang kolagen sehat dalam tubuh kita. Sementara kolagen diperlukan untuk menjaga keremajaan kulit.

Hirsutisme

Hirsutisme atau tumbuhnya rambut berlebih di area wajah disebabkan karena produksi hormon testosteron yang berlebihan pada wanita. Produksi hormon berlebih ini dipicu oleh tingkat insulin dalam darah.


Efek positif gula

Eksfoliator alami

Gula pasir maupun brown sugar bisa dimanfaatkan sebagai exfolliant alami. Butirannya yang kasar bisa membantu mengelupas sel kulit mati. Cukup padukan gula dengan bahan alami lain, misalnya minyak zaitun, lemon, atau madu.

Wax alami

Waxing dengan larutan gula dipandang sebagai solusi yang lebih alami dan ramah bagi kulit. Cukup panaskan gula dan lemon selama 10 detik, kemudian diamkan sesaat. Aplikasikan pada bagian tubuh yang ingin di-wax. Tempelkan kain, lalu tarik dengan kuat dalam satu kali sentakan.

Lip balm

Bibir kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan pelembap khusus dari gula. Caranya tinggal larutkan beberapa sendok gula dan beberapa tetes minyak zaitun, jojoba, atau wijen. Oleskan pada bibir, kemudian diamkan semalaman.

Scrub anti selulit

Butiran gula bisa menjadikan pori-pori lebih kencang, memperbaiki tekstur kulit, dan menyamarkan tampilan selulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan campuran gula pasir dan kopi bubuk sebagai campuran scrub.

Itulah beberapa alasan mengapa gula bisa menunjang kecantikan kulit, namun juga bisa mengganggu keseimbangan kulitmu.

Sumber : merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar